Pemkab Kampar Mendapatkan Apresiasi dalam Penerapan ETP

Pemkab Kampar Mendapatkan Apresiasi dalam Penerapan ETP

Pekanbaru – Bupati Kampar diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Suhermi, dengan didampingi oleh Kabid Perbendaharaan BPKAD Yandrianto,Kominfo Kabid Egov Ade syaputra, SE, M.Si, perwakilan dari Dinas Bapenda, Bagian Hukum, Ekonomi, menghadiri pelaksanaan sosialisasi dan koordinasi dalam rangka persiapan percepatan pembentukan (TP2DD) dalam rangka mendukung percepatan dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) yang dilaksanakan kan di ruang rapat besar coordination and teamwork kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi Riau gedung a a lantai 2 Pekanbaru, dengan agenda membahas pembentukan tim percepatan dan perluasan digitalisasi, Selasa(23/2).

Asisten II Suhermi yang mewakili Bupati Kampar saat hadir dalam acara tersebut menyambut baik kegiatan ini dan berharap pemerintah Kampar dapat melaksanakannya sebaik mungkin dan penerapannya di lapangan dapat disambut baik oleh masyarakat pelaku usaha maupun pemerintah itu sendiri sehingga kita lebih mudah dalam melakukan segala aktivitas maupun transaksi keuangan berbentuk elektronik maupun pemungutan retribusi.

“Semoga Pemerintah Kabupaten Kampar dapat melaksanakannya sebaik mungkin dan penerapannya di lapangan dapat disambut baik oleh masyarakat, pelaku usaha maupun pemerintah itu sendiri sehingga kita lebih mudah dalam melakukan segala aktivitas maupun transaksi keuangan berbentuk elektronik maupun pemungutan retribusi.”Ungkap Suhermi.

Sementara itu Deputi Kepala Perwakilan Divisi SP, PUR & MI, Pak Asral Mashuri mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kampar yang telah berhasil menerapkan ETP bukan saja dari sisi Outgoing (Belanja) akan tetapi dari sisi Incoming (Pendapatan) yang sudah merambah pembayaran pajak daerah menggunakan beberapa e-commerce dan yang sedang penjajakan penerbitan Quick Respone Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu payment point pembayaran pajak daerah, asral juga menyampaikan siap untuk memfasilitasi hal tersebut antara Bapenda dan pihak Fintech.

Pemerintah Kampar juga lebih awal menerapkan sebelum diterapkan oleh Pemkab lainnnya. Elektronifikasi pembayaran telah menjadi tren global dan nasional, sistem pembayaran secara global mengalami perubahan yang sangat signifikan dan memberikan dampak luas di berbagai sektor.

Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengadopsi tren digital pada sistem pembayaran dimana alur pikir elektronifikasi bertujuan untuk pertumbuhan ekonomi yang kuat seimbang inklusif dan berkelanjutan, yang memiliki integrasi ekonomi dan keuangan digital dengan percepatan dan perluasan elektronifikasi.

Elektronifikasi Pemerintah Daerah atau ETP adalah suatu upaya mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemda dari cara tunai menjadi non tunai berbasis digital, dimana dampaknya berpengaruh terhadap Pemerintahan maupun dunia usaha, dapat meningkatkan optimalisasi pendapatan asli daerah, kemudahan usaha dan tata kelola pemerintahan.

Hasil analisa kuantitatif menunjukkan ETP menjaga resiliensi perolehan, baik dalam kondisi pertumbuhan ekonomi normal maupun kontraksi elektronifikasi transaksi Pemda, dimana implementasi STP di Riau selama tahun 2020 menunjukkan peningkatan dari sisi transaksi belanja payroll non tunai dan SP2D online telah diimplementasikan oleh seluruh Pemda, sementara implementasi CMS masih terbatas pada beberapa Pemda, dari sisi pendapatan mayoritas Pemda telah mengimplementasikan elektronifikasi untuk pajak dan Retribusi, 12 daerah pilot project mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam elektronifikasi belanja maupun pendapatan yang berdampak pada peningkatan, namun demikian, adanya beberapa daerah yang mengalami penurunan lebih disebabkan karena dana transfer dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kampar, Ir. Kholidah, MM mengatakan Bapenda Kampar akan terus berupaya mewujudkan digilitasi pembayaran pajak daerah di Kabupaten Kampar secara marathon, sehingga kedepannya masyarakat tidak lagi direpotkan dengan harus datang dan antri di bank Riau untuk pembayaran pajak daerah.

“Kedepannya kita wacanakan pembayaran retribusi daerah juga dengan digitalisasi payment, sehingga diharapkan Kampar aka mampu menjadi pelopor dalam peningkatan Inklusi ekonomi secara signifikan dan kemandirian fiskal daerah dapat segera terwujud” Paparnya.

————————————————

Contact us :Email : pajakdaerah@kamparkab.go.idYoutube : https://www.youtube.com/channel/UCZKHpgQk9G6aLSQV0tgJ3IAWebsite: https://bapenda.kamparkab.go.id/Pembayaran Pajak Daerah Dapat dilakukan di : Bank Riau Kepri, ATM Bank Riau Kepri, Indomaret, Gopay, Link aja, Traveloka, Bukalapak, I-Saku, Agen Laku Pandai dan Tax Mobile

Leave a Reply